Rabu, 23 September 2009

INFORMASI UNTUK PENCEGAHAN HIV


Senin, 21 September 2009

Jogja (BA-PA), Senin, 21 September Informasi dasar HIV dan AIDS kembali disampaikan di Jogjakarta dalam kegiatan Penyambutan Mahasiswa Baru yang di lakukan Mahasiswa Mambramo raya Jogjakarta dengan kurang lebih 20 mahasiswa baru dan yang lama kurang lebih 30 mahasiswa. Dengan penambahan mahasiswa baru maka jumlah mahasiswa Papua asal mambramo raya di jogjakarta semakin bertambah. Waktu pelaksanaan ini di mengambil pada waktu libur kampus dalam rangka lebaran sehingga mahasiswa bisa bebas, dengan bertempat di Kontrakan mahasiswa mambramo raya babarsari-Jogjakarta. Kegiatan yang di mulai dari jam 08.00 WIB dengan perkenalan di lanjutkan dengan materi Pengenalan kampus, Moral, Manajemen Organisasi dan pada jam 16.00-19.00 Wib penyampaian materi HIV dan AIDS dasar oleh medex pakage mewakili Yayasan Binterbusih berupa : Nonton bersama film testimony ODHA selama 30 menit lalu di lanjutkan dengan materi : HIV dan AIDS bisa tertular melalui : 1. Melakukan hubungan seksual tanpa kondom dengan ODHA (Orang dengan HIV dan AIDS) 2. menggunakan jarum suntik yang tidak steril atau bekas. 3.Dari ibu yang positif HIV kepada bayinya melalui proses hamil, melahirkan dan menyusui (ASI). HIV dan AIDS tidak tertular melalui : 1. Gigitan nyamuk, 2. keringat, sentuhan, pelukan ataupun ciuman' 3. berenang bersama, 4. memakai kamar mandi (toilet) bergantian, 5. memakai alat makan bersama. Pencegahan penularan HIV dan AIDS : 1. Jika belum menikah tetap harus puasa seks/ tidak melakukan hubungan seks. perzinahan, dalam ajaran agamapun di catat sebagai dosa. 2. harus tetap setia dengan pasangan anda, jangan ganti-ganti pasangan. 3. kalau tidak bisa tahan dalam melakukan hubungan seksual, harus pakai kondom. 4. hindari penggunaan jarum suntik yang tidak streril. 5. informasi hiv dan aids yang maksimal.
Dan perlu di ingat bawah tanpa informasi yang terus menerus mengenai HIV maka kasus demi kasus akan terus bertambah, karna banyak di sekitar kita yang belum mengetahui hal ini dengan baik dan benar. Salah satu kekuatan adalah informasi, yang bisa di kemas dalam bentuk apa saja sehingga memudahkan masyarakat lebih familiar dan mudah untuk di mengerti.
Pada kesempatan itu juga di sampaikan Testimoni mengenai pengalaman VCT oleh sdri maria komba yang membuat peserta makrab menjadi yakin bahwa kesehatan pribadi sangatlah penting untuk di jaga dan dipelihara, di tambahkan lagi oleh maria yang juga Peserta Program beasiswa LPMAK timika bahwa kepada mahasiswa baru, kota Jogjakarta adalah kota misterius yang menawarkan segala sesuatu secara terbuka kepada mahasiswa. Oleh sebab itu, mahasiswa hati-hati dengan segala penawaran yang ditawarkan secara bebas karna akan membuat kita terjerumus kepada kesensaraan. Fokuslah kepada tujuan kuliah dan jagalah tubuhmu agar tetap kudus.
Pada akhir pertemuan jam 19.00 wib dilakukan doa bersama oleh Medex pakage sekaligus mengakhiri kegitan makrab (Mdxp).

Tidak ada komentar: